Koperasai Karyawan St.Louis 1 muncul dari keprihatinan guru-guru dalam memenuhi kebutuhan finansial . awalnya bernama Koperasi Guru ” Bentara Kasih” . Koperasi “Bentara Kasih” beranggotakan guru-guru dan karyawan SMA Katolik St. Louis yang begitu pesat seiring dengan pertambahan guru dan karyawan serta kegiatan pembelajaran mengakibatakan penglolaan koperasi agak terganggu terutsms kegitan pokok koperasi.

 

 

 

Rapat Anggota Thunan yang menjadi kegitan pokok koperasi .Tidak adanya Rapat Anggota yang menjadi media komunikasi antara pengurus dengan anggota atau anggota dengan anggota lain mendorong kevakuman dan akhirnya membubarkan diri . pembubaran  koperasai tidak menghentikan dan memberi solusi terhadap kebutuhan finansial guru dan karyawan. Credit Union sebagai jawaban dalam pemenuhan kebutuhan finansial telah berkembang dikalangan gereja sehingga beberapa guru dan karyawan bersepakat untuk mempelajari .

Credit Union (CU) Adalah bersatunya orang-orang yang saling percaya, serta berasal dari kata ” Credit” = “Credere” yang artinya percaya dan “Union” artinya bersatu (mengikat diri dalam satu kesatuan). Berdasarkan filosofi tersebut Kepala Sekolah SMAK St. LOUIS 1 yaitu Romo ALEXIUS DWI WIDIATNA, CM. Memulai menugaskan Antonius Bambang Sumitro S.Pd. untuk magang ke Credit Union (CU)  SAWIRAN dibawah bimbingan Romo WILIE MALIM BATUAH, CDD . Pada tanggal 1 September 2003 dibentuklah Credit Union LAZARIS yang beranggotakan para guru dan karyawan SMAK St. LOUIS 1. Keanggotaan tersebut berkembang sampai saat ini hingga hampir seluruh karyawan Yayasan LAZARIS dan masyarakat sekitar.

Credit Union LAZARIS is a Business with Heart artinya lembaga usaha yang pengelolaannya didasarkan pada hati nurani bukan semata-mata pada perhitungan untung rugi (bussines). Credit Union LAZARIS adalah lembaga yang mengandalkan moral yang kuat dan konsisten dari anggota, pengurus, pengawas dan pengelolanya seperti kejujuran, keterbukaan, usaha untuk mewujudkan keadilan dan semangat kebersamaan dalam mengambil keputusan.

Credit Union LAZARIS diharapkan menjadi sebuah lembaga keuangan profesional, lembaga keuangan yang memiliki jaringan kerja atau gerakan sampai tingkat Internasional. Berbagai produk korporasi akan dihasilkan seperti: Interlending, Asuransi, Pengembangan SDM, pengembangan manajemen dan teknologi Informasi.

Tujuan lahirnya Credit Union LAZARIS adalah membangun kemauan dan kemampuan masyarakat untuk memberdayakan diri secara bersama-sama dalam bentuk yang senyata-nyatanya. Dalam kebersamaan tersebut lingkup YAYASAN LAZARIS diundang untuk mampu mandiri (berswadaya, tidak tergantung) dalam mencapai kesejahteraan hidupnya.

Guna menghadapi perkembanagan perekonomian dunia yang mengarah kepada pasar bebas atau kondisi global bidang ekonomi tak terkecuali Credit Union. Untuk menjawab tantangan  tersebut maka seyogyanya Ceredit Union LAZARIS harus membuka diri dengan pihak luar tetapi tidak hanyut dalam arus “Ekonomi Kpitalis” tetapi mempunyai jiwa dan semanagat memberdayakan diri secara bersama-sama untuk amampu mandiri (berswadaya, tidak tergantung) dalam mencapai kesejahteran hidup. Oleh karena itu Dewan Pengurus beserta manajemen , Dewan Pengawas  dan Dewan Penasihat bersepakata untuk membentuk badan hukum dan mengubah nama Credit Union LAZARIZ mebjadi St.Louis Credit Union. hal ini diperkuat dalam rapat anggota perwakialan pada tanggal 16 September 2006.

Perubahan dan Legalisasi St.Louis Credit Union dimaksud untuk meningkatkan Kredibilitas dan Akuntabilitas yang tinggi serta aspek legalitas dalam mencapi visi dan misi yang selaras dengan nafas kehidupan Credit Union.

Perkembangan anggota St. Louis Credit Union yang semakin pesat dan mlampaui sekat dan batasan. kepala SMA Katolik St.LOUIS 1 Surabaya, Romo Canisius Sigit Tridrianto, CM., memacu dewan Pengurus untuk mandiri dan independen tanpa mengurangi dasar dan filosofi Credit Union. Tntangan untuk mandiri dan independen mendapat sambutan positif dari Dewan Pengurus dan berbagai program pembenahan organisasi dan finansial, pembenahan organisasi dilaksanakan dengan membangun sistem dan penambahan nomenklatur Dewan Pengurus beserta personilnya. Credit Unionn membangun jejaring dalam induk Credit Union yaitu PUSKOPDIT Jawa Timur dan unsur pemerintah dalam hal ini Dinas Koperasi. Penambahan finansial dilakukan dengan penmbahan simpanan anggota dalam berbagi produk layanan. Program pembenahan organisasi dan finansial merupakan tantangan sekaligus jawaban dalam menghadapi kemajemukan masyarakat khusunya anggota Credit Union.